Pertanyaan tentang Islam itu simbol atau substansi pernah mengemuka beberapa tahun silam. Meskipun tidak secara verbal, pertanyaan ini nampaknya masih kerap hadir di antara kita. Hemat saya, Islam menekankan pentingnya substansi, pada ranah akidah maupun syariah, tetapi Islam juga memposisikan simbol atau lambang sebagai hal yang penting. Memelihara jenggot, misalnya bisa bermakna tradisi, trend ataupun ideologis (pelaksanaan sunnah dan menyelisihi identitas kaum lain). 

Lambang kemanusiaan, di dunia ini diakui dua macam, Palang Merah (Red Cross) dan Bulan Sabit Merah (Red Crescent). Demikian pula lembaganya. Sayangnya di Indonesia masyarakat belum banyak mengenal lambang maupun organisasi Bulan Sabit Merah. Maklum, PMI sudah ada sejak jaman kemerdekaan, sedangkan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) baru eksis di Indonesia sejak enam tahun silam. BSMI hadir sejak 8 Juni 2002, sudah mendapat SK Depkum dan HAM, akta notaris dan dalam proses perijinan sebagai suatu Perhimpunan.

Namun demikian, untuk mengokohkan eksistensi BSMI, diperlukan pengakuan legal formal dalam suatu undang-undang. Saat ini sedang dalam persiapan pembahasan RUU tentang kemanusiaan, atau kepalangmerahan. Minimal nama Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) disebut dalam salah satu pasalnya, sebagai lembaga kemanusiaan yang diakui di Indonesia, selain PMI.  

“Kita menjadi satu-satunya negara di dunia yang berpenduduk mayoritas muslim yang lambang kemanusiaannya adalah Palang Merah. Negara-negara yang non muslim, seluruhnya lambangnya adalah Palang Merah dan negara yang mayoritas muslim itu lambangnya Bulan Sabit Merah,” tegas Basuki.

 

Ayo, berikan dukungan Anda, dengan cara :

  1. Tuliskan pernyataan anda dalam satu kartu pos yang isinya :

1.1.   dukungan anda kepada keberadaan BSMI sebagai lembaga kemanusiaan di Indonesia selain PMI

1.2.    dukungan agar BSMI diakui dalam suatu undang-undang

1.3.  menolak penetapan palang merah sebagai satu-satunya lambang kemanusiaan di Indonesia

Cantumkan nama, alamat dan no KTP anda

Kirimkan Kepada : Komisi 3 DPR RI, Senayan, Jakarta

  1. Kirimkan kopi KTP anda ke BSMI Pusat di Jalan Dewi Sartika 19 Cililitan Jakarta Timur
  2. Ajak teman-teman lain melakukan hal yang sama.

 

Info lebih lanjut, silakan baca beberapa tulisan dasar tentang lambang bulan sabit merah di blog berikut : indonesianredcrescent.wordpress.com

Terima kasih. Tolong segera saja kirim kartu pos dukungan anda !Jangan sampai terlambat

(Maaf, corak tulisan kali ini beda, mengingat crucialnya masalah ini-Blogger)

Iklan